• pasang iklan

Hokkaido Chiffon Cupcakes

Kamis, 24 Mei 2012

Sejujurnya... selama aku terjun di dunia perbakingan...ada satu resep cake yang sama sekali aku belum pernah aku coba bikin. Chiffon Cake. Nggak tau juga kenapa ya?? Padahal chiffon kan kue yang sangat lembut dan aku pecinta kue lembut. Selain memang aku nggak punya loyangnya sih *alasan aja hehe*

Tapi setelah dengar...eh lihat review teman teman blogger tentang hokkaido chiffon cupcakes...nggak tahan juga aku untuk tidak membuatnya...apalagi dikemas dalam cup cup liner yang cantik. Aku lihat resep ini di blognya Kak Sonia "Nasi Lemak Lover". Bahannya simpel dan cara bikinnya juga mudah. Penampakannya pun cuantik...merekah gitu dengan lelehan fillingnya...hmmmmm!

Akhirnya aku bikin juga. Walaupun aku tuliskan resep aslinya di bawah, tapi untuk bahan custardnya aku bikin sendiri dari vla yang kemudian ditambahkan krim kental. Masalahnya di sini nggak ada vla instan. Okey...berikut resepnya Sonia yang sudah diadaptasi dari resep aslinya di Forbidden Garden.

Bahan Chiffon cake :
- 3 kuning telur
- 20 gr gula pasir
- 35 gr minyak jagung
- 60 gr susu cair
- 70 gr tepung terigu protein sedang
- 3 putih telur
- 25 gr gula pasir

  Bahan Filling :
- 60 gr dairy whipping cream
- 10 gr gula pasir
- 1 sdt vla instant

Taburan :
- gula halus/gula donat

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 170C. Siapkan cup liner di dalam loyang.
  2. Kocok kuning telur dan 20 gr gula pasir menggunakan whisk sampai pucat. Tambahkan minyak jagung dan susu cair. Aduk rata.
  3. Masukkan tepung, aduk rata. Sisihkan.
  4. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi sampai berbusa. Masukkan sisa gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai soft peak.
  5. Ambil 1/3 adonan putih telur masukkan ke dalam adonan kuning telur, aduk balik sampai rata. Masukkan adonan kuning telur ke sisa adonan putih telur. Aduk balik sampai rata.
  6. Tuang di dalam cup liner sampai setinggi 3/4. Panggang selama sekitar 20-25 menit di rak tengah oven.
  7. Vla : Kocok whipped cream sampai mengembang. Tambahkan vla instan. Aduk rata. Masukkan ke dalam piping bag. Beri lubang. Tusuk bagian tengah kue yang sudah matang, lalu semprotkan vla sampai vla meluap keluar. Taburi gula halus dan siap disajikan. Paling enak disajikan dalam keadaan dingin.




Hasilnya...bener bener lembut cakenya ditambah vla yang lembut juga. Sayang, menurutku kuenya kurang manis. Kalau hubby  sih suka, karena memang dia nggak terlalu suka kue yang manis manis. Vlanya juga aku bikin nggak terlalu manis. Jadi...lain kali 'harus' ditambahkan lagi gula dan sedikit garam, biar agak agak gurih gitu hehe. Catat yaaa....

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Iklan