• pasang iklan

Rich and Moist Chocolate Banana Bread

Senin, 10 September 2012


Mmmmmm...cake pisang ini enak beneeeer, apalagi dimakan ketika masih hangat. Cokelat chipnya meleleh leleh...teksturnya lembut dan moist. Warnanya memang tidak terlalu cokelat karena hanya menggunakan sedikit cokelat bubuk, tapi rasa cokelatnya didapat dari pemakaian chocolate chips yang lumayan banyak. Pokoknya cocok bagi pecinta cokelat...or banana lover ^^

Resep aku dapat hasil browsing di Savory Sweet Life. Dari komen yang kubaca, semua yang mencoba resep bilang ini adalah banana bread yang terenak. Perpaduan antara banana bread klasik dengan cake pisang.



Resep aslinya menggunakan sedikit tepung terigu sehingga kuenya agak flat setelah keluar dari oven. Jadi aku tambahkan sedikit terigu untuk menghasilkan kue yang lebih kokoh dan mengembang indah. Malah sampai mekar lagi, ada cracknya...cantik menurutku. Hasil akhirnya pun tetap lembut karena aku menggunakan banyak pisang. Resep asli silahkan lihat di sini ya. Berikut hasil modifikasiku :

Bahan : 
- 100 gr salted butter
- 120 gr gula pasir
- 1 butir telur
- 5 buah pisang raja ukuran sedang, lumatkan dengan garpu
- 1/2 sdt vanilla bubuk
- 150 gr terigu protein sedang
- 1 sdt soda kue
- 2 sdm cokelat bubuk
- 1/2 cup sour cream
- 1 cup chocolate chips

 Cara membuat :
  1. Panaskan oven 350 F atau 175 C.
  2. Olesi loyang brownies dengan butter dan beri sedikit ayakan terigu.
  3. Dalam wadah kocok butter dan gula sampai rata. Masukkan telur, pisang lumat, sour cream dan vanila lalu kocok sampai rata.
  4. Tambahkan campuran ayakan terigu, cokelat bubuk dan soda kue.
  5. Campur semua asal rata saja.
  6. Tambahkan coklat chip.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang lalu panggang sekitar 50-60 menit. Jangan over bake. Karena kalau menggunakan tes tusuk, tusuk lidi akan tetap basah karena cokelat chipnya meleleh.
  8. Angkat dari oven dan biarkan dalam loyang selama 10 menit..
  9. Pindahkan ke rak pendingin lalu sajikan hangat.


0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Iklan