• pasang iklan

Cheesy Chiffon Cupcakes

Kamis, 31 Mei 2012



Sebenarnya resep ini terinspirasi oleh Hokkaido Chiffon Cake yang kemarin aku buat. Aku pikir pikir enak kali ya kalo chiffonnya rasa keju. Berasa makan Japanese Cheese Cake. Kebetulan ada temen juga yang lagi nyariin resep semacam ini...helooooo Mbak Wulan Sucipto...*wink

Nah, aku ketemu resep ini di blognya Grace 'Kitchen Corner'. Bedanya beliau menggunakan loyang chiffon diameter 17cm sedangkan aku menggunakan cup liners. Eh...kelihatannya lembut banget dan potongan kejunya menyebar dengan indahnya. Harus segera dibuat niy!! apalagi Uni Elsa juga udah bikin dan reviewnya memuaskan. Nggak ragu lagi deh pokoknya, segera siapin bahan...kebetulan bahannya simpel aja dan ada semua di rumah.

Karena di sini nggak ada keju bubuk, akhirnya aku ganti dengan keju cheddar parut. Rasanya tetep enak. Nggak sia sia aku coba resep ini. Hasilnya betul betul memuaskan...pas rasanya. Kejunya berasa tapi tidak sampai blenek. Teksturnya lembut dengan kejutan potongan keju di dalamnya. Bakalan jadi resep andalan niy...nggak nyangka! Sebenarnya mau aku kasih butter krim dan parutan keju di atasnya...tapi menurutku udah pas banget rasanya. Kayaknya nggak butuh topping lagi deh...

Berikut resepnya aku ambil dari Kitchen Corner dengan sedikit modifikasi. Hasilnya sekitar 10 buah menggunakan cup liner ukuran sedang.

Bahan :
- 110 gr putih telur
- 55 gr gula pasir
- 5 gr maizena
- 40 gr kuning telur
- 36 gr air
- 36 gr minyak sayur
- 50 gr tepung terigu protein sedang
- 24 gr cheese powder (aku pake keju cheddar parut halus)
- 40 gr cheddar cheese
- 1/4 sdt garam

Cara membuat :
  1. Potong potong kotak kecil keju cheddarnya sebesar 0,7 cm. Panaskan oven 325C/160C.
  2. Dalam wadah, campur kuning telur, air, minyak dan garam. Aduk rata menggunakan whisk. Tambahkan terigu dan keju parut. Aduk sampai rata dan kental.
  3. Dalam wadah yang lain, kocok putih telur sampai berbusa. Masukkan gula pasir sesendok demi sesendok sambil terus mengocok sampai soft peak/jambul petruk (jangan sampai kaku). Terakhir masukkan maizena dan kocok sampai tercampur rata. Matikan mixer.
  4. Masukkan 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur sambil diaduk balik perlahan. Setelah tercampur rata, masukkan 1/2 bagian adona putih telur dan aduk lagi sampai rata. Terakhir masukkan sisa putih telur dan aduk sampai rata. Jangan overmix nanti susah mengembang. Masukkan potongan keju, aduk asal rata.
  5. Tuang ke dalam cup liner setinggi 3/4nya. Letakkan di atas loyang. Sebelum dimasukkan ke dalam oven, hentakkan dulu cupnya untuk mengeluarkan gelembung udara yang terperangkap supaya hasil cakenya bertekstur halus.
  6. Panggang dalam oven rak tengah selama sekitar 20-25 menit. Sampai permukaannya kuning keemasan.

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Iklan