• pasang iklan

Bubur Gunting (Kalimantan)

Kamis, 11 Juli 2013


Bubur gunting???  namanya yang unik diambil dari cara pembuatannya. Adonannya dibuat dengan cara digunting-gunting menjadi seperti korek api. Berasal dari Kalimantan namun aku lihat populer juga di negeri tetangga Malaysia. Sudah lama mencari resepnya tapi yang ketemu bubur gunting  berbahan tepung terigu atau tepung ketan. Sedangkan menurut Mbak Kamelia Marfuah "Cozy Kitchen" aslinya dari tepung sagu. Aku search di google nggak ada cara membuatnya menggunakan  tepung sagu. Akhirnya aku inisiatif sendiri bikin dengan nyontek resep bubble ice yang pernah aku bikin sebelumnya. Bedanya kali ini adonannya tidak aku bulat bulatkan tapi aku giling pipih kemudian digunting gunting atau dipotong panjang. 

Hasilnya?? enak menurutku. Seperti kolak biasa cuman biji biji buburnya dikunyahnya kenyal kenyal. Unik juga...aku nggak tau apakah ini sudah seperti bubur gunting asli karena belum pernah mencoba sebelumnya. Awalnya aku ragu. Penampakannya agak beda warnanya dengan punya Mbak Kamelia. Punyaku nggak bening. Ternyata setelah beberapa jam terendam dalam kuahnya, warnanya berangsur angsur berubah jadi transparan. Udah miriplah dengan aslinya. Cuma setelah beberapa jam kuahnya jadi kental dan buburnya jadi besar besar karena menyerap kuah. Hihi lucu juga...tapi pokoknya sudah lumayanlah untuk percobaan perdana ^^



0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Iklan