• pasang iklan

Cilok (Jawa Barat)

Jumat, 14 Juni 2013



Sejujurnya aku sama sekali belum pernah mencicipi yang namanya cilok ini. Wajar saja karena ini adalah jajanan tradisional dari daerah Jawa Barat. Sedangkan aku tinggal di pelosok Sulawesi Selatan. Walaupun di tempatku banyak juga orang Jawa Barat tapi kayaknya ini bukan termasuk jajanan yang sering disuguhkan kalau ada acara. Nah beberapa hari ini ramai teman teman pada posting cilok bikin aku penasaran. Cari-cari, ketemu resep Mbak Pepy Indonesia Eats. Dan kayaknya menarik karena ada tambahan ebinya. Artinya lebih kaya rasa dong dibanding cilok yang plain. Tapi di rumah adanya rebon kering. Memang di sini nggak pernah nemu yang namanya ebi. Aku pakai itu aja sebagai penggantinya. Aku yakin rasanya nggak jauh beda. Cuman kayaknya aku kebanyakan daun bawang prei dan seledrinya deh. Warnanya jadi nggak putih tapi bersemu hijau...





Setelah jadi aku icip...rasanya enak. Wangi bumbu dan sedikit aroma ebi. Tapi teksturnya chewy banget ya. Jadi susah kunyahnya menurutku (pengaruh pake behel niy). Mungkin akunya aja yang belum terbiasa. Tapi anak anak menikmati walaupun juga tetap komen kalau ciloknya liat banget, hehe. Kayaknya aku bikin pentolnya kebesaran jadi ngunyahnya juga lama baru bisa habis. Yang penting udah tau gimana rasanya. Jadi kalau ada yang ngomomgin cilok lagi aku dah kebayang.


Resep ciloknya silahkan lihat di Indonesia Eats. Bikinnya setengah resep aja karena first try. Saus kacangnya aku racik sendiri karena resepnya mbak Pepy Nggak mau kebuka. Yang penting dah ada gambaran bahan yang digunakan yaitu kacang, bawang putih, kemiri, cabe, gula merah, air panas dan cuka. Aku masak dengan api kecil sampai keluar minyaknya. Mlekok lah pokoknya. Uendaaang bambang gurindang !!

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Iklan