• pasang iklan

Cake Puding Karamel

Senin, 06 Mei 2013



Ketika pertama kali lihat di blognya Kak Ita "Masam Manis" langsung jatuh cinta. Lihat komen dan review pembacanya yang super panjang tambah jatuh hati. Teman teman negeri jiran sudah banyak yang mencoba. Segera kubookmarked tapi nggak langsung kubikin. Dalam bayanganku kue ini lumayan ribet bikinnya dan butuh kesabaran tinggi. Harus cari waktu dan mood buat bikinnya. Jadilah sampai hari ini baru akhirnya kebikin juga. Alhamdulillah ternyata sama sekali nggak susah. Nggak lebih rumit daripada japanese roll cake yang bermotif motif itu. Beneeer...! rasanya juga enak. Cakenya lembut dan moist. Rasanya yang tidak sekaya kue banyak telur dan mentega ditutupi sama harum aroma puding karamel pada lapisan atasnya. Hmmm yum...!

Warna yang digunakan ada tiga. Tapi punyaku cuman kelihatan dua warna karena kurang banyak pakenya. Hehe...hasil yang cantik bisa dilihat di blognya Kak Ita. Resep aslinya dari Munirah Baharum. Makasih kepada beliau dan Kak Ita yang sudah sharing resep lengkap dengan step by step. Semoga ilmunya selalu barokah.




Bahan karamelnya aku tambahkan supaya lebih terasa, begitu pula bahan pudingnya supaya lebih tebal. Aku modif sedikit di bahan cakenya. Aslinya pakai air putih aku ganti dengan susu cair. Dan aku tambahkan sedikit garam supaya tidak terlalu tawar. Kue ini tidak menggunakan margarin atau butter. Hanya minyak jadi kalau tidak menggunakan garam rasanya ada yang kurang menurutku.

Proses pembuatannya lumayan unik. Adonan cakenya dituang di atas bahan puding yang sangat cair. Jangan khawatir keduanya tidak akan bercampur karena berat jenisnya beda. Tuang saja perlahan bergantian setiap warna dan in sha Allah hasilnya akan cantik seperti di atas. Tuk step by step pembuatan bisa dilihat di blognya Kak Ita.

Kali ini aku mencoba au bain marie dengan cara meletakkan loyang air di rak oven paling bawah dan loyang kue di rak atasnya. Hasil ajaran Kak Ita. Sebenarnya untuk oven gas tapi aku coba di ovenku yang listrik. Hasilnya tetap cantik dan lembut.

Baca selengkapnya �

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Iklan