• pasang iklan

African Gateau

Sabtu, 30 Maret 2013




Kue ini adalah salah satu kue favorit keluarga yang mamaku dulu sering bikin. Zaman SD. Waktu itu tiramisu, cheese cake dan black forest belum terlalu populer di sini. Yang populer seperti kue lapis surabaya, lapis legit dan kue ini. Cakenya tidak terlalu manis karena vlanya sendiri udah manis. Tapi berhubung resepnya udah hilang aku modifikasi sendiri sesuai seleraku. Aku pake resep browkusnya Ny. Liem yang sudah kumodifikasi. Aku hilangkan emulsifiernya. Hasilnya tetap mengembang dan lembut. Setelah itu aku buatkan vla sendiri. Atasnya dikasih siraman ganache. Pas sekali...yuuummm!! andai kakakku Hasyim ada di sini. Dia sukaaaaaaaaa sekali kue ini. Asliiii suka...!!

Syaratnya bikin kue ini adalah usahakan kue diisikan filling secepatnya begitu vla baru diangkat dari kompor. Kalau dibiarkan lama vla akan berkulit dan ketika dituang dia tidak akan menempel pada kue. Nanti ketika saatnya kue dipotong, lapisan vlanya akan terlepas. Nggak cantik lagi penyajiannya. Jadi tuang dulu separuh vla di atas kue pertama. Kalau khawatir pengerjaannya lama segera tutup sisa vla dengan cling wrap. Tumpuk dengan kue kedua lalu tuang lagi sebagian vlanya dan terakhir tumpuk dengan kue terakhir. Siram ganache.

Karena bikinnya agak sorean, sewaktu selesai aku buru buru mengambil gambarnya. Mengejar sisa sisa matahari yang akan teggelam.
Baca selengkapnya �

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Iklan