• pasang iklan

Heimama Egg Tarts

Senin, 23 Juli 2012


Seperti biasa...jalan jalan ke blog teman, eh ketemu resep asyik. Memang dah lama juga pengen coba tapi belum kesampaian terus. Kali ini pokoknya harus bikin...sekalian buat iftar. Resep ini aku lihat dari Small Small Baker. Namanya eggtart Heimama. Dinamakan demikian karena populer pertama kali dari blognya Heimama. Resep ini terkenal di dunia foodie blogger China. Dan menulari blogger Asia lainnya termasuk aku, hehe ^^

Resep pembuatan kulitnya bisa menggunakan dua cara. Yang satu seperti yang biasa aku praktekkan dengan cara mencampur mentega dingin dan tepung kemudian diaduk dengan menggunakan ujung jari hingga menjadi crumble. Yang kedua caranya mentega dilelehkan terlebih dahulu kemudian dicampur dengan bahan lain. Untuk lebih jelasnya bisa jalan jalan ke Small Small Baker. Aku menggunakan cara pertama. Tapi sewaktu memanggang adonan fillingnya menggelembung. Jadi aku kecilkan apinya. Jadi yang harus diperhatikan adalah beda jenis oven beda juga panasnya. Jadi menurutku ovenku lebih panas jadi dikurangi panas oven dan ditambah sedikit waktu panggangnya.

Bahan  pie :
- 300 gr tepung terigu
- 2 sdm tepung custard
- 2 sdm susu bubuk
- 1 sdm gula halus
- 1 telur
- 200 gr salted butter

 Bahan filling custard :
- 120 gr  gula pasir
- 350 gr air
- 5 butir telur, kocok lepas
- 100 gr susu evaporated
- beberapa tetes vanila extract (optional, aku pake vanili bubuk)

 Cara membuat :
  1. Potong mentega dingin kecil kecil. Campur tepung terigu, tepung custard dan susu bubuk dan gula. Aduk rata. Masukkan mentega dan telur lalu gosok gosok dengan telapak tangan sampai menjadi adonan yang lembut (aku pake cara biasa) tapi jangan diuleni. Bungkus dalam cling wrap dan simpan dalam lemari es selama 15 menit.
  2. Siapkan bahan filling : panaskan air dan gula asal gula larut. Dinginkan. Kocok lepas telur, susu evaporated, vanila. Tambahkan ke dalam larutan gula. Saring 3x.
  3. Siapkan bahan kulit. Giling tipis lalu potong potong menggunakan cutter bulat. Tuangi bahan filling 90 % penuh.
  4. Panggang selama 20 menit dengan api 180C. Atau tergantung besar kecil cetakan pienya. Semakin besar kecil semakin cepat matangnya.


Alhamdulillah, kulit pienya enak dan renyah...dan fillingnya sangat lembut. Enak deh pokoknya tapi lain kali aku mau coba pake vanilli bean biar lebih wangi.



0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Iklan