• pasang iklan

Kue Kacang Jadul

Selasa, 15 Mei 2012

Sudah lama sekali aku kangen pengen makan kue kacang ini. Dulu waktu kuliah dan tinggal di asrama, sering sekali aku beli buat nyemil nyemil di kamarku. Sayang, setelah menikah aku nggak pernah ketemu resepnya. Yang ketemu hanya kukis kacang biasa yang berbahan dasar margarin/butter dan telur.

Nah, pas kemarin jalan jalan ke blognya Mbak Diah Didi cari resep bakpia...eeehh ketemu resep kue kacang ini. Yang menarik adalah di belakangnya judulnya tertulis kata 'jadul'. Aku langsung teringat kue kacang favoritku. Memang tampangnya sama sama bulat tapi kalau yang di kantin asrama itu kukisnya nggak pake olesan kuning telur. Setelah aku simak bahannya  yang menggunakan minyak dan minus telur, mungkin memang inilah resep yang aku cari...karena kue ini unik dari segi rasa dan teksturnya. Nah...gimana akan tahu kalo nggak dicoba kan??

Berbekal tips dari mbak Diah akhirnya aku kurangi takaran gulanya dan mempersingkat waktu pengovenan menjadi sekitar 15-20 menit saja. Dan yang paling penting adalah menggunakan kacang lokal yang berukuran kecil dan bukan kacang impor yang besar besar tapi minim rasa. Dan hasilnya....perfect!! bener bener mirip banget sama kue favoritku. Alhamdulillah! senangnya berhasil. Aku makan nggak kehitung jumlahnya...dan rasanya nggak mau berhenti. Gawaaaat!! 

Makasiiiih banyak ya Mbak Diah sudah berkenan sharing resepnya. Di bawah ini separuh dari resep asli Mbak Diah yang aku praktekkan...

Bahan :
- 125 gr kacang tanah sangrai ( kupas kulitnya )
- 200 gr terigu protein rendah/sedang
- 100 gr minyak goreng
- 85 gr gula halus
- 1/2 sdt garam

Olesan :
- 1 kuning telur + 1/2 sdm mentega cair

Cara membuat :
  1. Sangrai kacang hingga matang, kupas kulit arinya hingga bersih. Setelah dingin tumbuk atau blender kacang hingga halus. Kalau menghaluskan dalam keadaan panas maka kacang akan menjadi pasta.
  2. Campur tepung terigu, gula halus, garam, kacang tanah sangrai halus, aduk rata. Terakhir masukkan minyak goreng, aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
  3. Simpan adonan di dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam , tutup dengan plastik.
  4. Setelah 1 jam, diamkan sebentar dalam suhu ruang, adonan siap untuk dicetak.
  5. Taruh kue diatas loyang yang telah dipoles tipis margarin, olesi bagian atas kue dengan campuran kuning telur dan mentega. Panggang dalam suhu 170 derajat Celcius selama 15-20 menit hingga matang.

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Iklan