• pasang iklan

Bakpia Pathok

Kamis, 03 Mei 2012


Sebenarnya sudah dari dulu cari resep bakpia pathok yang pas. Yang mirip mirip dengan originalnya...imut dan kulitnya lembut alias nggak krispy. Dulu udah pernah bikin dapat resep dari majalah, tapi walaupun enak dan berlapis lapis...sebenarnya itu bukanlah ciri khas bakpia pathok. Jadi masih browsing terus.

Kemarin nggak sengaja aku cari resep lain, ketemu resep bakpia pathok punyanya Mbak Diah Didi. Di gambar kelihatan teksturnya yang lembut. Dan reviewnya Mbak Diah juga emang lembut kulitnya. Memang cara pembuatan dan resepnya agak beda. Patut dicoba nih...tapi aku ganti isiannya jadi kacang ijo aja. Lebih enak! makasiiih ya Mbak Diah, resepnya emang top deh! hubbyku paling doyan...

Resepnya ada yang kurang detail. Jumlah minyak di resepnya tertulis 200 ml, tapi nggak ditulis berapa untuk dituang ke adonan dan berapa untuk rendaman adonan. Jadi aku pake kira kira aja. Pas teksturnya dah mulai lembek aku berhenti di 50 ml minyak. Sisanya yang buat rendaman. Okey berikut resep kulitnya Mbak Diah dengan sedikit penyesuaian dari aku. Isiannya dari bakpia pathok yang dahulu cuman biar lebih gurih manisnya aku ganti separuh dengan gula merah.

Bahan kulit : 
- 125 gr tepung terigu protein sedang
- 65 gr tepung terigu protein tinggi
- 2 sdm gula pasir 
- 1/2 sdt garam 
- 100 ml air
- 200 ml minyak sayur (50 ml untuk adonan+150 ml buat rendaman)

Bahan lapisan :
- 65 gr tepung terigu protein sedang
- 25 ml minyak sayur
- 1/2 sdm margarin

Bahan isi :
- 100 gr kacang hijau kupas, rendam semalaman
- 150 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 1/8 sdt garam
- 1 lmbr daun pandan
- 25 gr gula pasir + 50 gr gula merah
- 1 sdm minyak
 
Cara membuat :
  1. Kukus kacang hijau yang sudah ditiriskan selama 20 menit atau sampai mekar. Angkat. Masukkan gula pasir dan gula merah, garam, santan dan daun pandan. Masak sampai kalis, sebelum dimatikan apinya tambahkan minyak. Aduk sampai kalis dan licin. Angkat dari kompor. Setelah agak dingin, bentuk bola bola.
  2. Bahan lapisan : campur semua bahan, aduk rata dan sisihkan. 
  3. Bahan kulit : panaskan air (tidak usah sampai mendidih), masukkan gula. Aduk hingga rata dan gula larut. Angkat. Campur terigu dan garam. Tuangi air larutan gula lalu uleni hingga rata.
  4. Tuang minyak sayur, uleni hingga adonan kalis.
  5. Ambil adonan seberat kurang lebih 10 gram. Tipiskan adonan, ambil sedikit adonan lapisan. Ratakan pada permukaan adonan secara merata.
  6. Lipat seperti amplop lalu satukan ujung-ujungnya ( bulatkan ).
  7. Masukkan bulatan adonan dalam sisa minyak, diamkan selama 15 menit.
  8. Pipihkan adonan sampai agak tipis, isi dengan adonan isi. Betuk bulat pipih.
  9. Panggang dalam oven suhu 200 C sampai matang kurang lebih 15-20 menit. Kalau mau bagian atasnya kuning kecoklatan bisa dibolak balik. Panggang api bawah 10 menit, kemudian balik, panggang lagi 5 menit angkat  lalu balik lagi. Panggang 5 menit lagi.



0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Iklan