• pasang iklan

Pilus Ubi Ungu

Senin, 16 April 2012



Pertama lihat jajanan ini di FBnya Mbak Myrna Recy. Bingung aku...pilus dari ubi toh?? setahuku pilus itu ya kacang pilus, hehe ternyata aja jajanan lain juga yang namanya pilus. Dari tampangnya kelihatan legit...kebetulan hari ini ketemu ubi ungu di pasar. Ini juga tumben...karena seumur umur aku di sini, nggak pernah lihat ubi ungu. Adanya ubi jalar putih biasa aja...yang ungu itu kulitnya. Langsung takjuuuuub aku...sudah terbayang bayang resep resep yang mau aku cobain.

Sekedar referensi aku cari cari resep pilus yang lain di Mbah Google. Ketemu yang menarik punya Mbak R. Resep beliau menggunakan kentang, telur dan terigu, sedangkan resep Mbak Myrna menggunakan ubi ungu, susu cair dan kanji. Nah beda kan?? tapi aku mau menggabungkan keduanya. Tetap menggunakan ubi ungu, susu, kanji dan telur...

Bahan :

- 250 gr ubi jalar ungu halus
- 1 butir telur, kocok lepas
- 1 sdm susu bubuk
- 1/4 sdt garam
- 5 sdm tepung kanji
- minyak untuk menggoreng

Filling :
- keju quick melt (potong panjang kurus aja biar nggak terlalu asin)

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan sampai rata. Ambil bahan, beri isian keju lalu rapatkan dan bentuk bulat lonjong.
  2. Panaskan minyak banyak.
  3. Goreng sampai kecoklatan. Angkat, tiriskan di atas tisue. Sajikan dengan taburan gula halus.


Setelah jadi...walaupun tampangnya menggiurkan dengan lelehan keju di dalamnya, ternyata anak anak maupun hubby nggak begitu doyan. Anak anak cuman suka kejunya...katanya aneh rasanya dimasukin dalam ubi. Lain lagi hubby...katanya dia lebih suka yang original alias ubi goreng aja nggak usah pake isian. Katanya gaya gaya dikasih keju tapi nggak cocok. Haduuuuuuh...gimana ini. Puyeng mendadak aku!! tapi beberapa menit kemudian aku lihat piringnya tinggal 2 biji. Katanya nggak doyan tapi lho...kok habis juga kwkwkwkw...

Kalau menurutku rasanya enak dan legit. Tapi mungkin lebih enak kalau isinya yang manis manis kayak unti kelapa, atau gula merah mungkin. Atau seperti kata hubby dibikin plain saja...nanti makannya dikasih gula halus, bukan gula donat lho *karena nggak manis*...
Namanya juga percobaan pertama...

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Iklan