• pasang iklan

Pumpkin Bread

Kamis, 08 Maret 2012
Pumpkin Bread

Pumpkin Bread

Karena ada labu sisa yang masih nganggur di kulkas, akhirnya tadi aku kukus sambil googling resep labu di internet. Dapatnya cake labu di "Just Try & Taste" yang ternyata resep aslinya adalah Pumpkin Bread ngambil dari "Simply Recipes". Kenapa namanya bisa beda?? yang satu cake dan yang satunya roti. Iya...kalau di luar negeri cake yang pake baking powder dan di taruh di loyang loaf juga disebut bread walaupun quick bread karena gak pake fermentasi. Contohnya banana bread and pumpkin bread ini. Sedangkan kalo di Indo yang namanya roti ya pake ragi. Tapi berhubung aslinya resepnya pumpkin bread ya aku namain itu aja, hehe

Resep aslinya bisa dilihat di Simply Recipes. Di bawah ini aku modifikasi sedikit...

Bahan :

- 200 gr tepung terigu protein sedang
- 200 gr gula halus
- 1/2 sdt garam halus
- 1 sdt baking soda
- 1 cup (sekitar 250 gr) labu kukus halus
- 120 ml olive oil
- 2 butir telur, kocok lepas
- 1/4 cup air (aku pake susu cair)
- 1 sdm bumbu spekku (aku bikin dari kayu manis, pala, cengkeh dan kapulaga)

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 180C atau 350F. Olesi loyang loaf dengan margarine dan taburi ttepung.
  2. Dalam mangkuk, ayak tepung, soda kue, gula dan garam.
  3. Dalam wadah, campur labu, minyak, telur, bumbu spekku dan susu cair. Masukkan bahan campuran tepung, gula, soda kue dan garam. Aduk asal rata jangan overmix.
  4. Tuang di loyang loaf dan panggang sekitar 50 menit atau apabila ditusuk keluar dalam keadaan kering.

Pumpkin Bread

Pumpkin Bread


Wuiiiih, wanginya kue ini. Panas panas keluar dari oven aku olesi butter...haruuuumnya! Pas aku potong, teksturnya lembut di dalam dan garing di permukaannya. Sama sekali enggak ada trace bau olive oil, kayaknya ketutup sama bau bumbu spekku. Apalagi bumbu spekkunya homemade, bener bener wangi asli. Sayang bumbu spekkuku udah mau habis. Kayaknya harus segera bikin lagi nih tuk persediaan baking-bakingan berikutnya.

Enak dah pokoknya...cara tepat menghabiskan labu niy...hehe, beber bener gak nyesel!



0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Iklan